Senin, 15 Oktober 2018

5 Cara Mengatasi Kurang Gizi Pada Lansia yang Tidak Nafsu Makan


https://hellosehat.com Seiring bertambahnya usia, kita akan mengalami penurunan nafsu makan. Namun jika kebutuhan nutrisinya tidak dijaga, lansia berisiko mengalami kurang gizi yang membahayakan kesehatannya. Lantas, adakah cara mengatasi kurang gizi pada lansia? Simak informasinya berikut ini, yuk.



Cara ampuh mengatasi kurang gizi pada lansia yang susah makan

Meskipun porsi makan para lansia cenderung sedikit, sebaiknya tetap dampingi mereka saat menyantap makanannya. Pasalnya, kurang gizi pada lansia yang dibiarkan terus-terusan dapat memicu gangguan fungsi organ dan meningkatkan risiko kematian.
Berikut ini cara mengatasi kurang gizi pada lansia yang susah makan, yaitu:

1. Sediakan makanan bergizi seimbang

kebutuhan gizi bagi usia lanjut
Kunci terpenting untuk mengatasi kurang gizi pada lansia adalah dengan memberikan makanan padat gizi. Contohnya sayuran, buah-buahan, gandum utuh, dan daging tanpa lemak.
Batasi penggunaan garam, gula, dan lemak yang tidak baik untuk kesehatan lansia. Sebaiknya, ganti dengan rempah-rempah pengganti garam dan gula untuk meningkatkan cita rasa makanan dan menambah nafsu makan lansia.
Sebagai menu sarapan, coba berikan selembar roti gandum panggang dengan selai kacang di atasnya. Menjelang siang hari, sajikan sepiring nasi putih hangat dengan sup sayuran favoritnya supaya nafsu makannya bertambah.

2. Berikan camilan sehat

snack sehat untuk traveling
Jangan lupa sediakan camilan sehat setelah orangtua Anda selesai makan. Hal ini bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi lansia jika sebelumnya ia tak nafsu makan.
Anda dapat memberikannya satu buah pisang atau segelas jus buah sebagai camilan sehat. Selain mengatasi kurang gizi pada lansia, cara ini juga dapat membantu membuat mereka lebih kenyang seharian.

3. Berikan suplemen setelah makan

suplemen vitamin D lansia
Bantu dorong nafsu makan lansia dengan memberikannya suplemen bernutrisi. Entah itu dalam bentuk tablet atau bubuk minuman. Namun ingat, konsultasikan dulu ke dokter supaya suplemen tersebut sesuai dengan kondisi kesehatan lansia.

4. Ajak olahraga ringan

olahraga untuk lansia
Ajak orangtua Anda untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki rutin setiap pagi, yoga, hingga aerobik. Selain membantu menguatkan tulang dan otot, olahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan pada lansia, lho.
Yang terpenting, sesuaikan dengan kesanggupan orangtua Anda, ya. Pastikan mereka merasa nyaman dan terpacu untuk rutin olahraga supaya kebugaran tubuhnya kian terjaga.

5. Buat acara makan-makan dengan lansia lainnya

membujuk lansia supaya mau makan
Lansia biasanya suka bersosialisasi dengan orang lain yang seumuran dengannya. Nah, Anda bisa mengambil kesempatan ini dengan membuat acara makan-makan untuk para lansia.
Selain mempererat silaturahmi, hal ini dapat membantu meningkatkan nafsu makan lansia, lho. Semakin baik suasana hati para lansia, mereka akan semakin mudah untuk menyantap makanan yang disajikan di depannya.

Atau
WhatsApp Me!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar